Selasa, 05 Oktober 2010

cuma sekedar info dari syifa

KIPI adalah kejadian sakit yang mungkin timbul setelah imunisasi. kejadian ini umumnya terjadi dalam masa satu bulan setelah imunisasi.
  1. BCG = setelah 2 minggu akan terjadi pembengkakan kecil dan merah di tempat suntikan. setelah 2-3 minggu kemudian pembengkakan menjadi abses kecil yang menjadi luka dengan garis tengah sekitar 10 mm. jangan diberi obat apapun, dan biarkan luka tetap terbuka. luka tersebut akan sembuh dengan sendirinya dan meninggalkan parut yang kecil.
  2. DPT = kadang2 bayi menderita panas setelah mendapat vaksin ini. tetapi panas ini umumnya akan sembuh dalam 1-2 hari. sebagian bayi merasa nyeri, sakit, merah atau bengkak di tempat suntikan. sedangkan sebagian bayi lainnya tidak. keadaan ini tidak berbahaya dan tidak perlu pengobatan, akan sembuh sendiri.
  3. Polio = tidak ada efek samping
  4. Campak = anak mungkin panas pada hari ke 5-12 sesudah suntikan. kadang2 disertai kemerahan pada kulit seperti campak. hal ini adalah gejala penyakit campak ringan dan umumnya setelah 1-2 hari akan hilang.
  5. Hepatitis B = tidak ada efek samping
apa yang perlu disampaikan kepada ibu yang anaknya demam setelah diimunisasi :
  • lebih sering meneteki (ASI) dari biasanya, untuk menjamin bayi/anak menerima cukup zat cair.jika bayi berusia lebih dari 6 bulan boleh diberi tambahan air minum.
  • memberikan obat penurun panas dengan dosis sesuai anjuran dokter.
  • mengompres dahi bayi dengan menggunakan kain yang dibasahi air hangat.
  • membawa bayi ke dokter atau layanan kesehatan jika demam berlanjut.
jadi tuk ibu n teman teman syofa .... jangan khawatir yah  ..... (sok tahu yah syifa) heheheheheee .....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar